top of page
Writer's pictureSB301 group

OBROLAN BERBOBOT PENGHUNI STUDIO by Orphin Gunawan

Updated: Jul 5, 2020



Percakapan ini terjadi pada agustus 2018, saat Orphin Gunawan (O) dibawah nama Index x Medkre Hima Sthapati mewawancarai Fikri Izza (F) dalam konteks berstudio kampus Arsitektur ITS.


=============================

Selama hampir empat tahun merantau dari rumahnya di Jakarta, Fikri Izza ( Ojal ) sudah melguakan tur bersama band-nya di berbagai kota, terlibat dalam berbagai kolektif dan komunitas musik, arsitektur, dan film di Surabaya. Baginya, pertemuan dengan musisi, jurnalis, dan orang-orang di luar disiplin ilmunya justru membuat dia menemukan caranya sendiri untuk semakin menikmati arsitektur. =============================

*wawancara mengandung banyak kata-kata umpatan, seperti “anjir’’, “fuck”, dan lain

sebagainyva. Maka dianjurkan untuk tidak dibaca oleh anak-anak. =============================

O: Di studio biasanya ngapain?

F: gua jarang di studio HAHAHA. Objektif gua di studio jujur aja kalo secara teknis bukan beraktivitas selayaknya di studio sih, seringkali kesini cuma buat ketemu temen jujur aja. Sebenernya ini kebiasaan dari dulu, baru berubah waktu DA 4 (Semester 6) rasanya pas sama Pak Ngurah. DA (mata kuliah : Desain Arsitektur) sebelum - sebelumnya gua enggak pernah ke studio,dan sebisa mungkin gak ke studio. Karena pertama gua gak suka panas, kedua, dulu internetnya gak bisa connect ke laptop gua. ketiga, emang enggak ada alasan buat ke studio. Kalo enggak ada alasan juga ngapain gua ke studio? Jadi gua enggak paham the idea of studio, tapi itu dulu.

Dulu pas DDA 1 (semester 1) gua mikir studio itu bakal kayak, “wanjir nih punya workspace” dan ternyata itu tipu muslihat semata, karena studio punya time –limit dan most of the time kita pake laptop aja, jadi kayaknya kita bakal lebih efektif kalo kerjanya di kos. kayak gitu sih, akhirnya waktu DA4 sama Pak Ngurah, baru sadar kalau ternyata alasan gua ke kampus itu untuk nyari dosen sih. Kalo sebelumnya, kan kaya DA 1 tuh gua selalu ada bolos yang panjang. DDA tuh gua roadtrip ke Bali motoran. DDA2 tuh gua tourband 2 minggu, tahun ketiga cabut ke Jerman, tahun ke 4 baru tobat ke Pak Ngurah. DA 5 tuh gua mulai mengosongkan jadwal gua dan sebisa mungkin fokus sama arsitektur. Dulu pengennya jadi writer musik, jadi promotor musik, pingin ngeband juga, pingin ngurusin record juga. Tiba-tiba pas masuk arsitektur itu gua ngelihat musik dan seni kayak, “‘anjir kayaknya arsitektur bisa deh mencangkup semua interest gua”.

O: suka nggak berprogress di studio?

F : kalo sekarang gua menikmati studiosih. Gua disuruh progress gak progress kayaknya gua selalu progress deh. Maksudnya tuh kaya gini sih, lu ganti warna doang kan udah progress kan? ga ada goalsnya kan? Gua ga harus ngerasa kayak harus ngejawab suatu

jawaban, enggak sih. Ini kan kayak gua harus jalan seberapa jauh. karena pertanyaan antara satu orang dan oranglain bakal beda sih. Kayak challengenya beda, dan dosen lu pingin lihat lu berada di jalan yang tepat kan. Jadi kalo ngomongin progress kayaknya ya gua hampir selalu berprogress, even hal terkecil misal “oh saya ketemu masalah barunih,” itu kan progress. Bukan Cuma building-nya harus digimanain gitu. Dan gua orangnya pinter ngeles. Jadi pas sama dosen ditanyain progress, gua aman sih dan dia kaya agak muak gitu ngeliatnya :p.

O: Dari segala fase-fase perancangan, yang paling disukai waktu ngapain?

F : hmmmm, riset sama pas ngegali sejarah dan pas post production mungkin?. Gua paling suka banget kalo pas render. Suka banget bikin cantik - cantikan. Jadi bagian paling awal dan bagian pengemasan karyanya itu proses yang paling gua capek tapi nikmat gitu. Paham gak? kayak lu menikmati ini, proses translate dari semua data yang lu dapet ke building tuh, “arrgghhh pusing banget,” Tapi itu menantang. Dan kalo secara kasaran, paling nikmat banget sih pas awalan karena kalo pas lo lagi cari sejarah, lo bakal "fakkk demi apa kaya gini ternyata sejarahnya,”. Lu tuh kayak mindblown gitu. Nah pas branding, yang gua suka waktu, "nih! lu liat nih!” orang gua kasih gambar ini pasti bakal bereaksi gini nih, pas gua kasih yang bentuknya gini pasti bakal nanya ini nih. Kek gitu lah. Translating data ke manifestasi karya lu itu paling berat sih dan itu yang masih jadi masalah pribadi buat gua dan lumayan bikin gua penasaran.

O: ada enggak kejadian-kejadian unik selama di studio?

F: apa ya? Kayanya si ijul sih yang paling gua inget momennya. Ditanya Pak Angger kan, “umm jul mana desain kamu’?”’, "oh ya ini udah ada nih pak", "coba dong saya mau lihat", "adanih di kepala saya", hahah gokil sih.

O: pernah merasa minder enggak, di studio lihat progress teman-teman?

F: Gua selalu minder kok. Gua bener-bener tertekan waktu DDA 1 dan DDA 2, karena itu bener-bener ngomongin taste, estetika, dan keterampilan. walaupun menurut guasih taste gua somehow masih okesih, ga jelek – jelek amat, tapi keterampilan gua itu jelek banget.

O: kalo dapet ilmu biasanya dari luar atau di dalem studio?

F: gua di internet sih. Di studio pun paling pas ada kuliah sih, tapi pas udah semester semester terakhir, studio jadi seru karena jadi arena diskusi gitu. Sama fakta bahwa gua anak rantau disini jadi bisa keluar 24 jam dan berarti lebih banyak posibilitas untuk ketemu orangkan. Itu salah satu hal yang gua syukuri sampe sekarang, bisa ketemu banyak orang tanpa limitasi waktu dan dapet insight banyak banget. Buat gua anak harusnya bukan cuman ngambil ilmu dari anak arsitektur lain. Yang menurut gua bikin khazanah lebih kaya tuh malah karena ngobrol sama orang diluar arsitektur kayak anak psikologi, jurnalis, musisi management, dsb. Mungkin itu sih alasan dulu gua masih minder karena keterampilan gua jelek. Pas kesini, setidaknya kalaupun gua punya keterampilan jelek gua bisa punya lebih banyak kaca mata untuk melihat.

O: gimana pandangan-pandanganmu soal stereotip pada anak-anak arsitektur?

F: Nah, gua sekarang malah sedang berharap gimana caranya orang-orang paham sebenernya kerjaan gua tuh cuma mikir. Udah tuh, kayak gitu lebih enak. Kaya misal gua lagi gambar, gua berharap orang bisa sadar kalo yang kita lguakan itu adalah sesuatu yang behind the process gitu loh. Dan sesaat setelah udah ketemu form, menurut gua intervensi kita gak begitu banyak sih, mungkin ya, tapi sotoy deh hehe. Mungkin gua sekarang lagi pingin ini sih, ngomong ke orang kalo sebenernya arsitektur bukan cuma soal bangunan, tapi the idea of making sebuah peradaban. Kalo gua pribadi sih gitu. Buat gua arsitektur tuh adalah proses berfikir, salah satu manifestasinya adalah bangunan, manifestasi lainnya bisa apapun.

O: setelah tiga tahun ada di studio, hal-hal apa yang berubah dalam dirimu?

F: gua merasa malah kultur gua ketika lagi sama temen-temen sih yang beneran ngeshape gua secara tajam di arsitektur. Arsitektur itu malah apa ya, ada kesinambungannya sih. maksudnya, gua ngerasa gua bisa survive di arsitektur karena kenal beberapa dan banyak tipe orang. Dengan segala insightnya mereka, gua ngerasa kayak itu yang membantu gua untuk survive dan ekplorasi di arsitektur. Arsitektur itu akhirnya menyenangkan. karena sangat – sangat possible untuk bisa kerja lintas disiplin kali ya.

O: biasanya pernah mengeluh enggak dalam proses perancangan? siapa yang disalahkan?


F : hmm biasanya diri sendiri sih, kalo gua. Kan ya gua yang mikir, gua yang ngerti proses gua, ya kalau ga on target most probably udah pasti yang salah gua sendiri sih.

O: apa perbedaan cara belajar di SMA dan di masa kuliah?

F: Pernah ada satu desainer cover album gitu, kantornya tiap tujuh tahun sekali dia bikin satu tahun itu semua karyawannya diliburin, istilahnya sabbathical. Dia bikin setaun itu libur, even semua clientnya dimasukin waiting list semua untuk tahun depan. kantor itu setahun penuh dibuat libur, tapi gaji tetep jalan. kenapa? soalnya mereka butuh fase itu untuk kontemplasi untuk kemudian pas balik ke kantor dan punya ide – ide segar.

gua pas jaman akhir SMA itu melguakan hal yang kurang lebih mirip. Dimana gua menggunakan libur transisi SMA ke kuliah dengan start project, kalo dulusih bikin semacam gigs musik di garasi gitu walaupun masih harus kompromi sama ngejar SBMPTN gitu. Buat gua starting new project yang diluar rutinitas itu adalah hal yang somehow bikin gua sane sih dan happy. Dan yang gua seneng adalah waktu kuliah, arsitektur itu persis apa yang gua harapkan saat dulu gua masih SMA. gua punya 24 jam untuk bener-bener mikir melguakan project gitu. Pekerjaan (persekolahan) ga saklek kayak jaman SMA, 9 to 5 gitu. Gua lebih suka kerja by deadline aja, yang penting gua tau deadlinenya kapan, sehingga gua bisa nentuin kapan gua mau liburin diri, kapan gua kerja, kapan gua bisa start another project.

O: pernah nyesel enggak, kenapa dulu gak belajar ini dan itu sebelum masuk arsitektur?


F : gua nyeselnya pas udah di arsitekturnya sih. Nyesel kenapa? Karena setengah perkuliahan gua dihabiskan dengan peduli amat sama bata ekspos, tampilan fasad yang cuma nyalin sih.

terus, mindset pas SMA itu kan soal bener dan salah. Nah pas masih kuliah masih kebawa tuh. “wah ini jelek ya, ini bagus ya,’ kaya gitu. Terlalu judgemental ajasih, nilai bangunan cuma dari hasil akhirnya tanpa liat narasi atau reason dibelakangnya. Pinterest-ish abis lah.

terus, gua merasa dulu cara berpikir gua terbatas gitu karena dulu itu bawaannya ngebeett banget pingin desain bangunan dan pas udah ngedesain jadinya ya gitu-gitu aja. Fuck! tau gitu dulu gua lebih banyak dalemin ilmu – ilmunya, baik dari dalam maupun luar arsitektur.

dulu gua tuh ga sadar bahwa hal-hal di luar arsitektur itu bisa sangat relatable gitu. dulu gua ngerasa arsitektur itu sebatas profesi aja, bukan tempat lu berkarya. Tapi setelah sadar gua kayak, “wait wait wait...berarti apa yang harusnya gua pelajari saat ngulik film atau album band tertentu, itu harusnya bisa kepake banget proses berpikirnya di arsitektur”.

Setidaknya gua menyesal dan sedih kenapa gua ga sadar itu dari awal. Entah ilmu kaya gitu belum diajarin atau udah diajarin tapi guanya yang ga ngerti, dan ini udah terlambat sih gitu. Dulu kayak arsitektur dan hidup gua masih dua hal yang berbeda, tapi sekarang kayak ngeblend aja gitu. Sekali lagi, semua ini soal proses berfikir, berkarya, dan berargumen, manifestasinya doang yang beda, tapi cara menuju ke situ sama. Sama2 harus riset, analisis, bikin banyak possibilities, juga liat pasarnya gimana.


O: ada nggak hal-hal yang terenggut karena terlalu mendalami arsitektur?

F : gua merasa di arsitektur itu nggak ada pemaksaan untuk lu menjadi sesuatu. Orang yang interest dengan ngitung-ngitung gitu sangat terwadahi disini. Terus kayak lu berpikir liar pun masih bisa tertampung. jadi gua ga ngerasa ada hal yang terenggut sih. Gua

masih suka banget bisa begadang, gua suka banget baca sesuatu, nonton film, atau apapun yang gua suka. Dan yang gua suka adalah makin banyak gua meresap, makin banyak yang bisa gua coba di arsitekur. Gua gak tau ya harusnya semua jurusan bisa kayak gitu. cuman misal gua ambil akutansi, gua nonton film bakal ngerasa wasting time. Beda dengan arsitektur kan, lu mau nonton film kek, lu mau apa ya, apa deh, hangout ama temen, nonton film, itu tuh sebenernya bentuk mood lu ngebuat sesuatu. Jadi kesimpulannya arsitektur sangat tidak membatasi gua, malahan dia menjembatani gua ke segala hal. kayak nonton film gitu somehow memberi gua input juga akhirnya. Mungkin waktu yang terenggut itu waktu sama temen sih tapi kayanya kalo gua pribadi sih masih gaada masalah dengan itu.

O: caramu survive, dan tetap betah di dunia arsitektur gimana?


F : gua berharap gua bisa hidup tanpa harus di dunia arsitektur atau secara harfiah, building gitu. Karena buat gua arsitektur itu playground yang seru banget. Maksud gua, jujur aja nih ya gua masuk arsitektur gara-gara ada orang kayak Jay Subiakto, Erwin Gutawa, Pink Floyd, dsb. gua kayak, "Fak nih orang-orang keren nih masuk arsitektur semua nyet, keren banget". Gua jadi suka sesuatu yang berbau entertainment gitu. Pokoknya apapun itu tentang seni atau hiburan gua pasti suka. Dan dulu ketrigger banget itu pas nonton TEDx nya Ridwan Kamil sih itu semua orang kayak bakal suka itu. Semenjak itu gua fix harus jadi anak arsitektur. FYI gua dulu ga boleh masuk arsitektur sama orang tua. soalnya katanya apa kamu bisa gambar gitu. Jadi kalo bisa sih nanti gua lulus jangan sampe gua gak bisa makan gara gara ga dapet proyek. Jangan sampe gua harus mengorbankan cara gua mendesain untuk sesuap nasi. Jadi kalo misal ada orang gak suka dengan cara gua mendesain, ya lu ga usah hire gua karena toh objektif rupiah gua bukan disini, ini ladang berkarya gua. Jadi ini lebih kaya renjana sih atau kalo kata orang – orang ‘passion’ sih hahaha. Gua berusaha gimana caranya si arsitektur ini bisa berubah jadi hobby. Sok idealist banget ya?! Hahaha, ga segitunya deng gapapa gua juga butuh cuan juga.

O: kalo kamu diberi kesempatan merancang kurikulum, bakal digimanain?

F : gua merasa udah perfect sih kurikulumnya (di ITS). kalo misalnya pun gak perfect itu soal jam studio. Gua ngerasa udah oke. Mungkin kalo bisa dikritik dari paling awal adalah gua butuh studio 24 jam dari dulu.

Gua percaya bahwa misalkan ada studio 24 jam gitu, gua yakin bakal terjadi hal-hal di luar studio seperti komunikasi dan kalopun yang dateng cuma 15 orang di satu angkatan, gua yakin mereka bakal membuat sesuatu sih. Karena mahasiswa itu adalah kondisi paling enak di mana kita bisa membuat project dan idealisme apapun, since kebanyakan tanggung jawab kita Cuma 1, yaitu kuliah.


O: pertanyaan terakhir, jadi setelah ini mau jadi arsitek enggak?

F: nah mungkin ada kesalahpahaman dikit, dengan tadi gua bilang bahwa manifestasi arsitektur bisa lebih dari ‘bangunan’. deep inside, gua tetep pengen jadi arsitek, arsitek yang ngedesain bangunan selayaknya yang gua bayangkan pas masih kecil dulu.

97 views

コメント


bottom of page